Penyebab terjadinya azoospermia

Azoospermia berarti cairan sperma yang tidak mengandung sel spermatozoa namun pria dengan azoospermia belum tentu mandul jika penyebabnya adalah terjadi sumbatan pada saluran sperma, dan juga azoospermia pada wanita hal ini adalah cairan sperma yang tidak mengandung sel speermatozoa yang diperlukan untuk membuahi sel telur wanita. Jadi sperma yang dikeluarkan hanya berupa cairan kelenjar kelamin saja tanpa spermatozoa. Karena tidak ada sel spermatozoa tidak akan terjadi pembuahan dan kehamilan artinya pria yang mengalami azoospermia tidak dapat menghamili sekaligus tidak akan mempunyai anak.


Sebelum seorang pria dinyatakan mengalami azoospermia diperlukan pemeriksaan sperma lebih dari sekali dan pemeriksaan yang mutalak diperlukan untuk mengetahui apa penyebab azoospermia. Pemeriksaan hormon juga perlu dilakukan untuk memastikan penyebab yang ada. Berikut adalah penyebab terjadinya azoospermia

Ada dua penyebab terjadinya azoospermia yang kemungkinan pria mengalami azoospermia :

1. Disebabkan kerusakan pada testis (buah pelir) sebagai pabrik sel spermatozoa
2. Yang disebabkan karena terjadinya sumbatan pada saluran keluar sperma padahal produksinya ada. Dengan pemeriksaan fisik yang didukung dengan pemeriksaan hormon dapat ditentukan dengan kemungkinan yang menjadi penyebab azoospermia.

Kerusakan pada buah pelir khususnya pada bagian yang memproduksi sel spermatozoa dapat terjadi oleh beberapa penyebab diantaranya seperti infeksi penyakit tertentu yang mengakibatkan kekurangan atau gangguan keseimbangan hormon, kekurangan gizi berat dan gangguan fungsi hati. Sumbatan saluran sperma sebenarnya dapat disebabkan infeksi atau gangguan bawaan pria yang mengalami sumbatan saluran sperma sebenarnya mempunyai sel spermatozoa namun karena tidak dapat dikeluarkan bersama cairan sperma karena pria itu tidak dapat menghamili sehingga pria tidak dapat dikatakan mandul.

jika azoospermia sebagai penyebab pertama berarti buah pelir mengalami kerusakan sampai saat ini belum ada cara untuk mengatsinya dengan kata lain pria yang mengalami keruskan buah pelir sehingga tidak dapat lagi memproduksi sel spermatozoa yang berati pria bisa dikatakan mandul. Azoospermia terjadi karena sumbatan saluran keluar sperma cara operasi ini dapat membuka kembali saluran itu walaupun hasilnya belum tentu baik.

Bukan hanya itu saja ada juga beberpa penyebab terjadinya azoospermia, akan tetapi azoospermia ini bisa disebut juga dengan sperma kosong. Inilah beberapa penyebab terjadinya sperma kosong diantaranya yang disebabkan oleh:

1. Epididimitis
2. Testis tidak turun pada saat lahir
3. Kegagalan testis primer, sindrom klinefelter
4. Vasektomi
5. Trauma skrotum atau pembedahan
6. Kromosom microdeletions
7. Sindrom muda
8. Infertilitas genetik karena kromosom yang abnormal (kariotipe)
9. Obstruksi salura ejakulasi
10. Infertilitas genetik unexplained
11. Sperma autoimunitas
12. Kegagalan testis sekunder, sindrom kallman
13. Obstruksi, tidak adanya bawaan dari vas deferens (CAVD)
14. Unexplained gonadotropin defisiensi
15. Testis tidak turun pada saat lahir
16. Hemachromatosis
17. Tumor hipotalamus/hipofisis
18. Diabetes melltus
19. Pestisida/toksin paparan (termasuk hot tubs dan mandi)
20. Hiperprolaktinemia
21. Suplemen testosteron
22. Anemia sel sabit
23. Varikokel efek
24. Penyakit parah (kanker, ginjal atau gagal hati)
25. Hiperplasia adrenal kongenital
26. Pengobatan kanker (kemoterapi, radiasi, operasi)

Share this article :
+
Previous
Next Post »